Kagum melihat anak – anak sekolah di negara maju

 

BEL berbunyi tepat pkl. 08.30 AM, anak – anak dengan ceria suka cita semangatnya memasuki ruang kelas kurang lebih ukuran 10 x 10m, iya tempat mereka bermain, diskusi, ngobrol, meriset, ciptakan karya. Pagi itu suhu sentuh 2 derajat dengan sedikit gerimis,

Samping halaman sekolah tidak jauh dari gerbang masuk sekolah berjejer dengan rapih sepeda dengan gaya glasik jarang terlihat sepeda balap atau sejenisnya.

Kagum dengan gaya sederhana yg mereka pertunjukkan dalam kehidupan disekolah, anak anak itu sebenarnya mampu untuk membeli motor, mobil utk keperluan menimba ilmu seperti yang terlihat diacara sinetron heheeheee, karena ciri dari negara maju salah satunya pendapatan penduduk perkapita pastinya lebih besar kalau disini 44.000 – 50.000 euro.

Iya ke sekolah  mereka datang mengayu sendiri kendaraan roda dua dengan jaket super tebal berbulu dan besar, ada juga yang diantar orangtuanya.

Dalam pengamatan disekolah ini ada beberapa hal yang menjadi catatan MENARIK nan ASYIK sebagai pembelajaran dalam dunia pendidikan khususnya level basic school kelas 1 sampai 9 :

  1. Sekolah di Negara maju, anak-anak berpakaian sekolah tak berseragam, tapi unsur pakaian sekolah harus memenuhi rapih, elegan, nyaman dan bersih.
  2. Kurikulum Pelajaran adalah dengan bertema, saya waktu berkunjung bertema Halloween setiap pernak pernik, display kelas bernuansa Halloween dan ditempel depan kelas dan mading
  3. Mading sebagai papan informasi sekolah penempatannya diluar gerbang sekolah guna informasi sekolah dketahui smpai ke orangtua dan oleh publik.
  4. Waktu jam Istirahat 2 kali Pk. 09.30 – 10.00 dan Pk. 12.30 – 13.00 semuanya waktu Istirahat digunakan anak-anak bermain diluar kelas, ada yg bermain bola, basket, bermain dihutan kecil, ditaman sekolah, ayunan, saling kejar kejaran, mencari bunga dll, tak ada kantin sekolah kalaupun ada mereka jarang jajan karena tak biasa makan siang yang berat, biasanya pagi dan siang makan roti bekal dari rumah. Kalau untuk makan berat dirumah biasanya dimalam hari jam sekitar jam 6 malam sekalian tempat anak anak berdiskusi, curhat, sharing dengan orangtuanya, setiap akhir sharing, diskusi akan orangtua ucapkan mama/papa sayang kamu nak.
  5. Strategi Belajar Guru dalam mengajar pada saat itu lebih banyak diskusi, setelah melakukan observasi atau karya yg dibuat anak anak boleh jadi banyak strategi mengajar yang belum diperlihatkan.
  6. Biaya sekolah yg ekonomi lebih membantu ekonomi yg kurang mampu karena semua sekolah dinegara maju NEGARA MENJAMIN hak pendidikan bagi warganya, NEGARA berkewajiban MEMBERIKAN PENDIDIKAN TERBAIK BAGI ANAK BANGSA.
  7. Semua sekolah disini adalah unggulan. Orang tua tidak akan repot repot memilah milih mana sekolah yang favorit, mana sekolah unggulan. Karena semua sekolah disini Unggul dan Terbaik. PASTI NEGARA MENJAMIN semua sekolah harus menerapkan pembelajaran dan pendidikan TERBAIK BERKUALITAS kepada anak – anak.
  8. Jam Pulang Pk. 02.30 PM pasti dan pasti mereka dijemput dengan orangtuanya atau orang terdekat dalam keluarga. No Ojek pangkalan maupun online, No Jemputan yg dikoordinir sekolah, No pesuruh/pembantu disini terlihat kemandirian keluarga tertanam sangat kuat, karena prinsip dalam kehidupan dalam keluarga disini TIDAK MAU MINTA TOLONG, TAPI LEBIH BAIK MENOLONG, smpai urusan jemput anak sekolah orang tua menjemput sendiri.
  9. PR bukan sebagai tambahan tugas sekolah di rumah, PR yg dikerjakan dirumah karena tugas pada hari itu memang belum selesai anak anak diperkenankan mengerjakan di rumah.
  10. Sampai dirumah setelah dari sekolah anak anak akan disapa dengan orangtua menjadi pertanyaan wajib orangtua ke anaknya :
    1. Apakah kamu enjoy disekolah ?
    2. Bagaimana dengan temen – temen dikelas ?
    3. Lalu anaknya dipeluk erat sambil ucapkan mama/papa sayang kamu nak.

perkataan sayang kamu nak, paling tidak diucapkan orang tua ke anaknya hampir 5 – 6 kali dalam sehari. Itulah INDAHNYA KASIH SAYANG ORANGTUA KEPADA ANAKNYA, PANTAS ANAK ANAK DI NEGARA MAJU BERPIKIR KREATIF, INOVATIF, BERKARYA DAN MAMPU MEMBANGUN PERADABAN YANG BAIK.

Masih banyak hal – hal menarik, seru, unik, mengasyikkan, Kagum yg belum bisa dishare.

 Mudah-mudahan kita bisa belajar dari dunia pendidikan sekolah di negara maju.

Bredabaan Straat – Brasschaat.

whatsapp-image-2016-12-01-at-12-39-45 whatsapp-image-2016-12-01-at-12-39-50 whatsapp-image-2016-12-01-at-12-40-15 whatsapp-image-2016-12-01-at-12-40-21