Renovasi dan Pembangunan Masjid Ibnu Abbas

IMG_0038-min

JAKARTA – Masjid Ibnu Abbas sudah menjadi fasilitas beribadah selama sekitar 16 tahun. Masjid ini sudah berdiri sebelum mulai dibangunnya gedung SDIT 1 Buahati Islamic School (BHIS) yang bertempat di Jl.H.Baing, Kampung Tengah, Jakarta Timur. Sejak dulu, kegiatan-kegiatan sekolah (seperti ibadah sholat, program/kelas tahsin tahfidz, kajian, dan kegiatan lainnya) sering dilaksanakan di area masjid ini. Hal ini menjadikan Masjid Ibnu Abbas sebagai salah satu bangunan bersejarah dalam perjalanan berkembangnya Buahati Islamic School, khususnya di gedung pusat Jakarta.

Pada hari Jum’at lalu (7/8), telah dilaksanakan acara peresmian program renovasi dan pembangunan Masjid Ibnu Abbas. Acara ini dihadiri oleh Ketua Yayasan Ibnu Abbas, Direktur Sarana & Prasarana Yayasan Ibnu Abbas, Direktur Pendidikan Buahati Islamic School, Kepala Sekolah SDIT 1 & SMPIT 1 BHIS, pengurus komite, panitia pembangunan, dan guru-guru beserta staf BHIS unit pusat. Acara peresmian ini dilakukan dengan pelaksanaan protokol kesehatan yang diberlakukan bagi seluruh hadirin dan panitia, dikarenakan masih dalam kondisi masa pandemi Covid-19.

Ketua panitia renovasi dan pembangunan (Bpk. Iwan Marwazie, S.Ag., M.Pd.) mengatakan bahwa dana sementara yang sudah terkumpul sebelum acara peresmian ini sebesar lebih dari 125 juta rupiah. Dana yang terkumpul tersebut merupakan kontribusi dari para guru dan para orang tua murid BHIS. Para guru dan staf BHIS sebelumnya sudah berupaya menyumbang untuk infaq renovasi masjid Ibnu Abbas melalui berbagai cara, diantaranya yaitu melalui cara menabung, potong gaji bulanan, dan lainnya. Hal yang dilakukan para guru dan staf tersebut diapresiasi dalam beberapa sambutan yang disampaikan oleh Ketua Yayasan Ibnu Abbas, Direktur Pendidikan BHIS, dan pengurus Komite SDIT 1 & SMPIT 1 BHIS. Direktur Pendidikan BHIS, Bpk. Dr. Pardan Prasetyo, M.Pd, MM. mengatakan, “Yang dilakukan para guru dan staf semoga dapat menjadi motivasi tersendiri bagi Yayasan, Komite, masyarakat, dan pihak lainnya yang akan ikut berkontribusi dalam investasi kebaikan ini. Jangan pernah ragu untuk menyumbang, karena masjid ini merupakan sarana ibadah yang sudah pasti akan digunakan tidak hanya sekali dua kali atau di hari-hari tertentu saja, namun akan digunakan sepanjang hari oleh lebih dari 1000 orang (siswa, guru, dll) untuk kegiatan ibadah serta kegiatan-kegiatan bermanfaat lainnya”.

Acara peresmian renovasi dan pembangunan diakhiri dengan pembacaan do’a demi kelancaran, keberkahan, serta diberikan ridho oleh Allah SWT. Harapannya, semoga program renovasi dan pembangunan Masjid Ibnu Abbas ini adalah sebuah langkah tepat demi meningkatkan kenyamanan seluruh pihak dalam melakukan ibadah dan kegiatan-kegiatan baik lainnya. Kesempatan untuk berinvestasi kebaikan ini masih sangat terbuka, untuk itu kami juga mengajak para Bapak/Ibu yang ingin turut berkontribusi dalam renovasi dan pembangunan Masjid Ibnu Abbas ini.

Hamdi Ismail

IMG_0025-min IMG_0022-min IMG_0019-min

IMG_0070-min IMG_0061-min IMG_0054-min