15 September 2016, 02:14

Tips Bantu Anak Menghafal Pelajaran Sekolah

child-studyAnak yang kini duduk di bangku sekolah dasar sering mengalami masalah dalam belajarnya. Ia sering kesulitan dalam belajar karena lupa dengan penjelasan gurunya. Saat menghafal materi pelajaran tertentu, ia juga merasa susah. Anda harus mencari cara untuk membantu anak mengatasi masalahnya.

Setiap hari, anak disibukkan dengan aktivitas sekolahnya. Semakin tinggi kelasnya, banyak materi yang harus dikuasainya. Untuk mendapatkan prestasi yang bagus, mau tidak mau anak harus rajin beajar. Sayangnya, Anda acap mendapati anak bermasalah saat belajar, yakni kesulitan dalam mengingat penjelasan guru. Selain sulit mengingat penjelasan, anak juga sulit dalam menghafal. Masalah belajar yang dialami oleh anak ini berhubungan dengan daya ingatnya yang kurang baik. Jika gampang lupa dengan materi pelajaran yang diberikan guru dan tidak terampil menghafal, bisa-bisa prestasi anak terus menurun. Oleh karena itu, Anda sebaiknya membantu anak dalam mengatasi masalah sulit mengingat ini.

Beberapa tips di bawah ini dapat membantu Anda mengatasi kesulitan belajar pada anak:

  • Mengulang Pelajaran
    Setelah pulang sekolah, makan dan beristirahat, sebaiknya anak meluangkan waktu 1 – 1,5 jam untuk belajar dan mengulang pelajaran yag dijelaskan di sekolah. Cara ini efektif dalam membantunya mengingat pelajaran sekaligus menuntaskan beberapa materi yang belum dikuasainya. Supaya anak konsisten melakukannya, Anda sebaiknya mendampingi. Pada kesempatan ini, Anda juga sekaligus dapat memantau perkembangan kemampuan anak. Selain itu, jika ada materi yang dianggapnya sulit, Anda dapat membantu menjelaskannya.
  • Mencatat dan Menempel
    Cara lain untuk mempermudah anak mengingat penjelasan guru adalah dengan mencatat hal-hal penting dan menempelnya di dinding kamar sehingga mudah dibaca. Sebagai contoh, anak sulit sekali mengingat suatu rumus Matematika dan daur hidup kupu-kupu dalam pelajaran sains. Catat dengan pensil warna atau spidol tebal kemudian tempel di dinding kamar. Dengan begitu, anak akan mudah mengingatnya karena lebih sering membacanya.
  • Bertanya
    Anda juga dapat membantu anak mengingat pelajarannya dengan cara sering bertanya kepada anak mengenai pelajaran yang diterimanya. Tanyakan kepada anak tentang apa saja yang telah dijelaskan oleh gurunya hari ini. Anda juga dapat merangsang ketertarikan anak dengan tema-tema yang masih berkaitan dengan materi pelajaran yang didapatkannya di hari tersebut.
  • Kata Kunci
    Sementara itu, strategi ‘kata kunci’ dapat diterapkan dalam menghafal. Anak-anak kerap dihadapkan pada pelajaran yang harus menghafal, seperti berpidato, membaca puisi, menghafal nama-nama negara, hingga isi pasal-pasal dalam UUD 1945. Hafalan-hafalan ini sering merepotkannya. Bahkan, anak mengeluh malu saat berpidato tanpa teks di depan kelas karena lupa dengan isi naskah pidato yang sudah dihafalkannya. Tak hanya itu, beberapa nilai ulangan mata pelajaran yang membuatnya harus banyak menghafal ternyata lebih rendah. Ajari anak untuk menggunakan kata kunci pada setiap materi hafalannya. Dengan mengingat kata kunci, anak akan lebih mudah mengingat kalimat yang menyertainya.
  • Mind Map
    Cara yang terakhir yang dapat Anda lakukan untuk membantu anak dalam mengingat dan juga menghafal materi pelajaran adalah dengan mengajarinya membuat mind map. Terapkan cara ini ketika anak sudah duduk di atas kelas 3. Lakukan bersama anak untuk membuat mind map dalam mengingat kembali pelajaran yang telah dijelaskan oleh guru. Jika anak suka menggambar, mind map bisa pula dihias dengan gambar hasil kreasinya. Mind map ini akan memetakan pikiran anak sehingga mudah untuk mengingat kembali materi pelajaran ataupun isi hafalan yang harus dikuasainya.

sumber: http://ibudanmama.com/pola-asuh/6-12-tahun/tips-bantu-anak-menghafal-pelajaran-sekolah/

Topik Berita :